Badak India Kelahiran Skotlandia Jadi Keluarga Baru Jatim Park 2

Badak India Kelahiran Skotlandia Jadi Keluarga Baru Jatim Park 2

Badan India menjadi penghuni baru di Jatim Park 2 ( M Dhani Rahman / aremamedia.com)

BATU – Wisatawan yang berkunjung ke Jatim Park 2 saat libur lebaran nanti bisa melihat secara langsung koleksi satwa terbaru di kebun binatang terbaik di Indonesia ini.  Satwa yang baru sebulan menghuni wahana Safari Farm di Screet Zoo, Jatim Park 2 ini adalah Badak India yang berasal dari Skotlandia.

        Badak berjenis kelamin jantan yang diberi nama Bertus ini lahir di Rotterdam Zoo, Belanda, pada 13 Juli 2018 dengan jenis kelamin jantan. Bertus merupakan satu-satunya Badak India bercula satu dan pertama di Indonesia.

       “Untuk menghadirkan Badak India ini di musim libur lebaran ini, Jatim Park sudah mempersiapkan sejak satu tahun lalu dan merogoh kocek sebesar Rp 1,26 miliar untuk mendatangkan Badak India ini, “jelas Marketing Manager Jatim Park Grup, Titik S Ariyanto.

      Badak ini didatangkan dari Skotlandia melalui Belgia kemudian ke Indonesia. Butuh waktu selama dua hari untuk mengangkut badak seberat 3 ton yang berusia 10 tahun ini melalui udara.

     Hewan ganas ini ditempatkan di Wahana Safari Farm seluas 7500 meter persegi, di Jatim Park 2 dengan luas kandang 150 meter yang dilengkapi dengan kolam lumpur.

      “Memang butuh penyesuaian dengan kondisi lingkungan di sini yang agak kering. Kita akali dengan menyediakan lumpur di kandang ini, “ ujar Titik sembari mengatakan bahwa suhu udara jika malam hari sama dengan di Skotlandia.

      Sementara itu Ketus Yayasan Badak Indonesia (Yabi), Dadan Subrata memberikan apresiasi kepada Jatim Park 2 yang peduli dengan kelestarian alam dalam hal ini konservasi badak. Badak India menurut Dadan memiliki bentuk yang sama dengan Badak Jawa yang masih satu family dan satu genus yang sama.

     “Jumlah Badak India lebih banyak, saat ini berjumlah 3500 ekor, sementara Badak Jawa hanya 67 diambang kepunahan,” ujar Dadan.

    Didatangkannya Badak India ini akan mengedukasi wisatawaan untuk lebih peduli lagi terhadap pelestarian Badak Jawa.

    “Kami sangat mendukung Jatim Park 2 untuk mengedukasi masyarakat,” ujarnya.(*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman

Editor : Shuvia Rahma