APTISI Dukung Transfer Mata Kuliah Antar Perguruan Tinggi

APTISI Dukung Transfer Mata Kuliah Antar Perguruan Tinggi

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Jawa Timur, Prof Dr Sukowiyono SH MHum. (Haris Sugiharto / aremamedia.com)

MALANG – Upaya Kementerian riset, teknologi dan perguruan tinggi (Kemenristekdikti) memberi lampu hijau pada perguruan tinggi untuk dapat melakukan transfer mata kuliah antara perguruan tinggi disambut positif perguruan tinggi swasta.

“Justru dengan teknologi ini akan meningkatkan kemampuan perguruan tinggi,” ungkap Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Jawa Timur, Prof Dr Sukowiyono SH MHum.
Pria yang juga Rektor Universitas Wisnuwardhana Malang ini bahkan mendukung pelaksanaan program tersebut.

“ Justru APTISI bisa mengambil peran dengan upaya mediasi antara perguruan tinggi termasuk model transfer antar perguruan tinggi,” ujarnya.
Hanya saja sebelum menerapkan program tersebut banyak yang harus dipersiapkan baik itu berupa prasarana maupun sarana pendukung.

“ Termasuk SDM dan IT yang ada di masing-masing kampus karena ini penting dan harus disiapkan oleh masing-masing perguruan tinggi ,” tandasnya.

Kemenristekdikti melalui Dirjen Kelembagaan dan Pembinaan Perguruan Tinggi mencatat ada sekitar 200 dari 4.604 perguruan tinggi yang telah menerapkan transfer mata kuliah antar perguruan tinggi bahkan 20 perguruan tinggi telah membuat model tersendiri untuk transfer mata kuliah.(*)

Pewarta : Haris Sugiharto
Editor: Shuvia Rahma