Antisipasi Serbuan Wisatawan Saat Lebaran, Polres Batu Lakukan ini

Antisipasi Serbuan Wisatawan Saat Lebaran, Polres Batu Lakukan ini

Kapolres Kota Batu AKBP Budi Hermanto, SIK. MH saat memimpin gelar pasukan jelang Idulfitri di alun-alun Kota Batu. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com).

BATU – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batu telah meluncurkan peta jalur alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Hal ini sebagai langkah prediksi jumlah wisatawan yang bakal meningkat drastis menyusul pengoperasionalan tol Malang-Pandaan.

Upaya mengantisipasi kemacetan saat libur lebaran ini, ditegaskan oleh Kasat Lantas Polres Batu, AKP Dyana Suci Listyawati.

Ditambahkan, terdapat lima jalur alternatif dengan kode warna yang berbeda untuk memudahkan para wisatawan membaca peta.

“Peta alternatif ini nanti dimudahkan cara bacanya dengan warna biru, merah, hijau, ungu, dan biru muda. Upaya ini agar wisatawan yang hendak berkunjung ke Kota Batu tidak terjebak kemacetan tujuannya” jelas Dyana kepada aremamedia,com, Kamis, (30/5/2019).

Lima jalur alternatif tersebut antara lain untuk jalur biru yakni jalur yang bisa digunakan masuk dan keluar Kota Batu melalui Karangploso – Desa Giripurno – Desa Pandanrejo – Simpang Tiga Bendo – Alun Alun Kota Batu, Jl Panglima Sudirman – Jalan Trunojoyo – Pujon – Jombang/Kediri.

“Warna biru ini untuk pemudik atau wisatawan dari arah Surabaya yang hendak menuju ke Jombang/Kediri atau langsung ke Alun-Alun Kota Batu. Begitu juga sebaliknya dari arah Jombang/Kediri yang hendak ke daerah Karangploso atau Lawang bisa menggunakan jalur ini,” imbuhnya.

Selanjutnya, jalur alternatif merah yang merupakan jalur keluar dari jantung Kota Batu melalui Jl Wukir Kelurahan Temas, melalui jalur alternatif Desa Torongrejo dan keluar di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo.

Sedangkan wisatawan maupun pemudik dari arah Malang Kota masuk jalur hijau, rutenya melalui Kelurahan Dadaprejo – Desa Junrejo – Desa Tlekung – Desa Oro Oro Ombo – Jl Agus Salim – Jl Suropati – Jl Trunojoyo – Kelurahan Songgokerto.

Wisatawan dari arah Kota Malang juga bisa melewati jalur warna ungu, jalur ini menggunakan jalan raya Soekarno (Dadaprejo) masuk melalui Buk Anyar – Jl Hasanudin Desa Junrejo – Desa Oro Oro Ombo – Jl Agus Salim – Jl Sultan Agung.

Dari arah barat daya, jalur alternatif biru muda yang melalui daerah Mojokerto bisa melalui Cangar Desa Sumber Brantas – Desa Tulungrejo – Desa Sidomulyo – Simpang Tiga Bendo – Jl Bromo Semeru – Alun Alun Batu.

“Namun untuk kendaraan roda enam dan kendaraan besar lainnya hanya dua jalur yang bisa dilewati, lewat jalur biru Kecamatan Karangploso dan jalur biru muda Jalan Bromo Semeru,” tambah Dyana.

Dengan peta tersebut, lanjut Dyana, “Wisatawan bisa mempelajari jalur-jalur pada petunjuk sebelum ke Kota Batu, artinya wisatawan lebih mudah melewati jalur tujuan wisata dengan nyaman,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Doi Nuri
Editor : Noordin Djihad