Antisipasi Inflasi Jelang Idulfitri, Kadin dan Bulog Kota Batu Buka Pasar Murah

Antisipasi Inflasi Jelang Idulfitri, Kadin dan Bulog Kota Batu Buka Pasar Murah

Warga sedang antre untuk membeli sembako murah di desa Junrejo Kota Batu. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

BATU – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Batu menggelar pasar murah dan operasi pasar. Kegiatan yang berlangsung Senin-Rabu (27-29/5/2019) ini untuk memberikan intervensi terhadap inflasi yang diprediksi akan terjadi jelang Idulfitri.

“Tiga Kecamatan di Kota Batu secara merata mendapat giliran untuk kegiatan ini,” jelas
Sekretaris eksekutif Kadin Kota Batu Fitria Ambarwati.

Ditambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Bulog menyediakan 7.500 kg beras, 6.000 kg gula dan 3.600 liter minyak untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako.

“Untuk mengantisipasi kenaikan harga jelang lebaran, kami siapkan 2.500Kg beras, gula 2.000kg dan minyak 1.200 liter untuk masing-masing kecamatan,” kata Fitria.

Menurutnya, setiap sembako mendapatkan subsidi dengan jumlah berbeda sehingga diharapkan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat lselama hari raya.

“Beras kami berikan subsidi Rp2.000/kg, minyak Rp1.000/kg dan gula Rp1.500/kg. Semoga dengan harga murah, masyarakat bisa punya stok sembako di rumah tangga untuk kebutuhan lebaran,” harapnya.

Demi mengantisipasi penyimpangan subsidi yang seharusnya untuk kebutuhan rumah tangga menjadi kebutuhan dagang, pihaknya memberikan batasan satu kupon hanya untuk satu warga.

“Jadi menghindari oknum yang memanfaatkan momen ini agar bisa dijual kembali, kami batasi pembelian beras hanya 5 kg, gula 2 kg dan minyak 1 liter dalam satu paket kupon. Jadi satu orang maksimal hanya bisa memiliki 3 kupon saja,” tegasnya.

Gelar pasar murah yang difasilitasi oleh Karang Taruna Tri Tunggal Bhaskara desa Junrejo ini, bertempat di halaman kantor pelayanan desa Junrejo di mulai sejak pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

“Alhamdulillah lewat sosialisasi kepada seluruh masyarakat desa Junrejo sejak empat hari lalu, animo warga yang datang membeli cukup tinggi. Kalau kemarin kita rencanakan hingga pukul 14.00 sepertinya gak sampai jam segitu sudah habis kalau melihat sisa barang hingga jam 10 ini,” kata Sekretaris Karang Taruna, Afan Andi Hermawan.(*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad