2020 UIN Maulana Malik Ibrahim Targetkan 23 Profesor.

2020 UIN Maulana Malik Ibrahim Targetkan 23 Profesor.

AREMAMEDIA.COM – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN), Maulana Malik Ibrahim, Prof. Dr. H. Abd Haris, M.Ag menargetkan tahun 2020, UIN Maulana Malik Ibrahim memiliki 23 profesor.

Hal tersebut disampaikan seusai mengikuti prosesi pengukuhan Guru Besar ke 20, Prof Dr H M Zainuddin, MA bidang Sosiologi Agama, Rabu (8/1/2020) di Auditorium Lantai 5 Kantor Pusat.

Bertambahnya Zainuddin sebagai guru besar, UIN Maulana Malik Ibrahin kini telah memiliki 13 profesor yang aktif.

“Tahun ini saja sudah ada 6 calon sudah turun dan 5 calon lagi yang sudah mengajukan,” terang Haris

Meski di era sekarang menjadi guru besar tidak gampang, namun pihaknya terus mendorong para dosen dan para doktor untuk segera menjadi guru besar.

Menurutnya, dari 733 dosen idealnya 20 persennya bergelar profesor atau 115 profesor. “Namun saat ini UIN baru memiliki 13 profesor yang aktif. Jadi masih kurang 102 profesor,” terangnya.

Sementara Prof Zainuddin dalam orasi ilmiahnya, mengatakan pluralitas agama merupakan keniscayaan dan sekaligus sebagai tantangan bagi demokrasi di Indonesia.
“Pluralitas agama di satu sisi memiliki potensi harmoni, tetapi pada saat yang sama juga berpotensi konflik,” terangnya.

Orasi ilmiahnya yang berjudul pluralitas agama ini menurutnya memunculkan dua problem yang dihadapi pemeluk agama dalam menghadapi tantangan tantangan yang serba kompleks.
Pertama problem pemahama ajaran agama dan problem politisasi agama.

Bapak tiga anak yang memiliki segudang prestasi dan aktif menulis diberbagai media ini menandaskan harus dipahami sebagai kebenaran daripada identitas, simbol dan politis.

Penulis : Sapteng MN
Editor : Noordin Djihad